Mentan Amran Sambangi Grobogan, Bupati Sumarni Sampaikan Aspirasi Petani

GROBOGAN, Lingkarjateng.id – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menyambangi Jawa Tengah (Jateng) tepatnya di Kabupaten Grobogan, Kamis, 21 Maret 2024. Kesempatan itu dimanfaatkan Bupati Grobogan Sri Sumarni untuk menyampaikan keluhan petani yang sering ia dengar dari petani kalangan bawah di Grobogan.

Bupati Sumarni memaparkan potensi pertanian di Grobogan dengan komoditas unggulan padi, jagung, kedelai, bawang merah, pisang, tebu, dan tembakau. Namun, terlepas dari produktivitas dan ketahanan pangan di Grobogan, banyak petani yang mengeluhkan sulit mendapatkan pupuk serta banyak tanaman pertanian yang gagal panen alias puso.

Petani merasa kesulitan menebus pupuk. Meskipun kini pupuk bisa ditebus dengan KTP, namun harus ada rekomendasi dari kepala desa, penyuluh lapangan, pengecer, dan sebagainya.

“Ini ada dari Pupuk Indonesia ya. Saya minta penyaluran bisa dipersingkat, tidak bertele-tele, berbelit-belit. Karena petani ini tahunya ada duit, dapet pupuk,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Sumarni berharap subsidi pupuk organik kembali diadakan pemerintah. Sebab, pupuk itu penting untuk menyuburkan tanah dan meningkatkan produksi.

“Sebenarnya petani kita sudah mulai terbiasa menggunakan pupuk organik, untuk kesuburan tanah dan meningkatkan produksi,” ungkapnya.

Dari keluh kesah petani yang disampaikan Bupati Sri Sumarni, pihaknya juga meminta agar Mentan Amran bisa lebih memperhatikan para petani, khususnya yang berada di Kabupaten Grobogan. Apalagi, lahan petani kini banyak yang puso imbas el nino dan banjir yang terjadi baru-baru ini. (Lingkar Network | Eko Wicaksono – Lingkarjateng.id)

Tags: Berita GroboganBupati GroboganBupati Sri SumarnigroboganGrobogan Hari IniKementanSri Sumarni

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *