Sindir Suara PSI Tiba-tiba Melonjak Drastis, PKB: Kerja Politik Jangan Setelah Pemilu

WARTAKOTALIVE.COM JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda ikut menanggapi perolehan suara sementara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang melonjak tiba-tiba versi penghitungan real count KPU.

Huda meminta tak ada manipulasi dalam melakukan perhitungan suara real count.

Bahkan, dia menyebut kerja politik itu lazimnya jangan pascapemilu.

Hal itu disampaikan Huda saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh Nomor 09, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

“Jadi, kerja politiknya jangan setelah pemilu. Kerja politiknya lazimnya yang sudah-sudah sebelum pemilu. Oleh karena itu, kita hormati suara rakyat caranya apa? Jangan sampai ada manipulasi dan pengalihan suara oleh partai apapun termasuk oleh partai PSI,” ucap Huda.

Baca juga: Kritisi Soal Suara PSI yang Meroket, Pengamat Ujang: Tidak Mungkin Simsalabim Langsung Melonjak

Huda menjelaskan jika memang diduga ada manipulasi suara maka Bawaslu harus bertindak atas peristiwa tersebut. 

Menurutnya, Jangan sampai mitigasi-mitigasi ini justru menjadi terbiasa pada pemilu 2024.

“Kalau ada indikasi lonjakan suara dan seterusnya kita minta Bawaslu mengambil sikap tegas melakukan mitigasi terkait dengan lonjakan suara ini, termasuk diindikasikan ada partai tertentu dapat suara 2. Tiba-tiba naik jadi 102,” jelas Huda.

“Apakah ada, ada faktanya di lapangan ada terjadi. Karena itu kita minta Bawaslu untuk mengambil sikap tegas,” imbuhnya.

Huda menuturkan KPU juga tak boleh tiba-tiba membuka kotak suara atau melakukan perhitungan ulang. Terlebih, alasannya karena sudah capek dan tak mau bekerja lebih lama.

“Jadi, KPU tidak boleh tergesa-gesa dan alergi, soal opsi untuk buka kotak di daerah-daerah yang diindikasikan jelas ada penggelembungan suara,” jelas dia.(m27)

Baca juga: Suara PSI Melonjak Tak Wajar di Sirekap, KPU Mengaku Belum Bisa Berkomentar, Tunggu Hitung Manual

Ada yang Aneh

Dalam yang cepat, suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendadak meroket.

Berdasarkan hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, suara PSI menembus angka 3,12 persen dari total suara yang masuk. 

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *