Dukung Terpenuhinya Identitas Bagi Anak-Anak di Kota Denpasar

DENPASAR, jarrakposbali.com | Bunda Paud Kota Denpasar terus bekomitmen dalam mendukung terpenuhinya identitas bagi anak-anak di Kota Denpasar. Karenanya, melalui Kegiatan Kebyar KIA turut diserahkan Katu Identitas Anak (KIA) oleh Bunda Paud Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, bersama dengan Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana di Bunda Paud Kecamatan Denpasar Selatan.

Dimana, sebanyak 719 Kartu Identitas Anak (KIA) diberikan kepada peserta didik dan guru PAUD. Penyerahan KIA dilaksanakan secara simbolis dilakukan di halaman Kantor Camat Denpasar Selatan, Kamis (15/2) diterima oleh perwakilan anak-anak TK se Kecamatan Denpasar Selatan.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara berharap KIA ini bukan hanya sebagai dokumen identitas, melainkan juga sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam memberikan perlindungan dan pendidikan terbaik bagi anak-anak.

“Kami mengapresiasi upaya Bunda Paud Camat Denpasar Selatan dalam menjemput anak-anak PAUD Kota Denpasar untuk mendapatkan KIA. Ini adalah langkah positif untuk memastikan setiap anak memiliki akses setara terhadap layanan pendidikan dan kesehatan,” ujar Antari Jaya Negara.

Lebih lanjut dijelaskan, KIA ini juga menjadi momen untuk mempererat hubungan antara keluarga, pendidikan, dan pemerintah. Hal ini diharapkan dapat menciptakan masa depan cerah bagi generasi penerus.



Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar, Ni Luh Lely Sriadi, menjelaskan bahwa KIA terbagi menjadi dua jenis, yakni untuk anak usia 0-5 tahun tanpa foto dan 5-17 tahun dengan foto. Lely juga mengungkapkan bahwa Disdukcapil telah melakukan MoU dengan pihak swasta, memberikan diskon kepada pemilik KIA saat berbelanja.


“Informasi tentang tempat mendapatkan diskon dapat dilihat melalui media sosial Disdukcapil dan lainnya,” tegas Lely.


Diharapkan, langkah ini tidak hanya memudahkan administrasi anak-anak, tetapi juga memberikan manfaat lebih luas bagi keluarga yang memiliki Kartu Identitas Anak.

Sementara, Bunda Paud Camat Denpasar Selatan, Kadek Gawatri, menjelaskan bahwa Gebiyar KIA adalah program kerjasama dengan Disdukcapil Kota Denpasar untuk memenuhi KIA peserta didik dan Guru PAUD di wilayah Denpasar Selatan.Dari total 719 KIA yang diserahkan, berasal dari 30 TK yang tersebar di Kecamatan Denpasar Selatan.

“Semoga KIA ini mempermudah anak-anak untuk mendaftar ke sekolah Dasar,” tambah Gawatri.(mas/jpbali).





 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *