Banjir di Demak Belum Surut, 21 TPS di 6 Kecamatan Pindah Lokasi

DEMAK, Lingkarjateng.id – Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sejumlah Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Demak masih terdampak banjir, sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak memindahkan TPS ke lokasi yang aman.

Beberapa desa di Kecamatan Karanganyar masih digenangi air, sehingga tak memungkinkan untuk tetap dilakukan pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua KPU Kabupaten Demak, Siti Ulfaati menyampaikan bahwa perpindahan tersebut dikarenakan banjir di sejumlah Kecamatan yang hingga kini belum surut.

“Adanya banjir di Karanganyar yang sampai saat ini masih menggenangi permukiman, luapan banjir yang sudah sampai ke Kecamatan Mijen dan Gajah, kemudian banjir yang terjadi di Kecamatan Karangawen, Karangtengah, Demak dan Sayung,” kata Ketua KPU Ulfa, pada Rabu, 14 Februari 2024.

Seperti halnya beberapa TPS di Desa Sari dan Desa Mlekang Kecamatan Gajah harus dipindah karena terdampak banjir.

Ulfa memaparkan, secara keseluruhan ada 21 TPS yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Demak yang saat ini dipindah.

“Kecamatan Karangawen yakni Desa Jragung 2 TPS, Brambang 1 TPS dan Sidorejo 1 TPS,” paparnya.

Kemudian, Kecamatan Sayung yakni Desa Kalisari 1 TPS, Kecamatan Karangtengah yakni Desa Batu 1 TPS, Kecamatan Demak yakni Kelurahan Bintoro 1 TPS dan Mulyorejo 2 TPS.

“Selanjutnya, Kecamatan Gajah ada 2 desa yakni, Desa Sari ada 3 TPS, Desa Mlekang ada 2 TPS. Kecamatan Mijen yakni Desa Ngelowetan ada 2 TPS, Desa Bakung ada 6 TPS yang dipindah titik lokasinya,” sambungnya.

Meski banjir, masyarakat masih menyempatkan diri untuk datang dari tempat pengungsian menuju TPS untuk memberikan hak suaranya.

Sementara itu, Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan bahwa pihaknya bersama KPU Kabupaten Demak sedang melakukan monitoring pelaksaan pemungutan suara di sejumlah TPS.

“Kami ini tadi melakukan monitoring bersama KPU untuk melihat langsung kondisi pelaksanaan pesta demokrasi di TPS Desa Sari,” ujarnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Lingkarjateng.id)

Tags: Banjir DemakBupati DemakBupati Eisti’anahDaerah rawan banjir DemakPemiluPemilu 2024TPS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *