16 Ribu Personel Gabungan Dikerahkan untuk Pengamanan 6.940 TPS di Kota Tangerang

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANGPolres Metro Tangerang Kota menggelar apel pergerakan pasukan gabungan pasukan Operasi Mantap Brata 2024.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, apel tersebut digelar untuk memberangkatkan pasukan yang akan mengamankan kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Selain itu apel juga dilaksanakan untuk mengecek persiapan personil, serta sarana dan prasarana pengamanan yang dibutuhkan telah sempurna.

Pasalnya, Polres Metro Tangerang Kota akan mengamankan 6.940 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 18 kecamatan se-Kota dan Kabupaten Tangerang.

“Pada sore hari ini kami melakukan apel pergeseran pasukan personel pengamanan dalam rangka mengamankan TPS di hari pemungutan dan pemungutan suara yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 14 Februari 2024,” ujar Zain saat diwawancarai Wartakotalive.com, Senin (12/2/2024).

Baca juga: TKN Prabowo-Gibran Ungkap Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, Sebut Bermodus Pemilih Pindah TPS di Bogor

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho (Warta Kota/Gilbert Sem Sandro)

“Apel ini juga untuk mengecek kesiapan terakhir kelengkapan setiap personil dan sarana prasarananya supaya pengamanan TPS berjalan dengan aman dan lancar,” sambungnya.

Lebih lanjut Zain menjelaskan, personil pengamanan yang dikerahkan menjaga Pemilihan Presiden (Pilpres) RI dan Pemilihan Anggota Legislatif 2024 sebanyak 16.223 orang.

Belasan ribu pasukan pengamanan itu terdiri dari 1.212 personil Polri, 13.880 personil Linmas, 978 personil TNI, serta gabungan dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan BPBD Kota Tangerang.

“Yang jelas dari 1.212 anggota Polri yang diturunkan, 731 di antaranya personil Polrestro Tangerang Kota dan 481 personil BKO Polda Metro Jaya,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com, apel pergeseran pasukan pengamanan TPS itu berlangsung di lapangan Gedung Presisi Polres Metro Tangerang Kota, Babakan, Kota Tangerang, Banten, sekira pukul 16.40 WIB.

Pj Walikota Tangerang Dr. Nurdin, Dandim 0506/Tangerang Letkol. Inf Endik Hendra, Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah, hingga Ketua Bawaslu Kota Tangerang Komarullah turut mengikuti apel tersebut.

Baca juga: Tidak Perlu Panik Jika Tak Dapat Undangan, Tetap Datang ke TPS dan Anda Tetap Berhak Mencoblos

Terlihat, Zain sempat mengajak jajaran perangkat daerah itu menyisir seluruh barisan pengamanan yang telah terbagi dengan kategorinya masing-masing.

Menurut Zain, seluruh pasukan yang diturunkan tersebut akan langsung berangkat menuju TPS yang telah ditetapkan masing-masing.

Oleh karena itu seluruh pasukan yang diterjunkan diminta selalu siap siaga mengamankan dan mengawal proses pemungutan hingga akhir perhitungan suara.

Sebab selama tiga hari ke depan, pasukan pengamanan tersebut dilarang untuk pulang kembali ke rumah dan harus penuh menjaga TPS yang telah ditempatkan.

Dengan demikian koordinasi dan komunikasi yang solid dengan stakeholder penyelenggara Pemilu di TPS wajib dilakukan dengan baik.

“Jaga kesehatan dimanapun saudara ditempatkan dalam mengamankan dan mengawal pemungutan dan perhitungan suara di TPS, selalu berdoa agar mendapat kelancaran dan kemudahan menjalankan tugas menjaga kondusifitas, kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,” ungkap Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. (m28)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *