Banjir di Semarang Dipicu Tanggul Jebol, Sekitar 80 Rumah Warga Asinan Tergenang

UNGARAN, Lingkarjateng.id – Dua titik banjir di Kabupaten Semarang, yakni Desa Asinan, Kecamatan Bawen dan Desa Tambakrejo, Kecamatan Kecamatan Ambarawa pada Rabu, 7 Februari 2024 sore ini disebabkan adanya tanggul jebol.

“Tadi kami terima laporan, bahwa ada banjir di Desa Asinan, Kecamatan Bawen, lalu kami tindaklanjuti datang ke lokasi ternyata disebabkan karena tanggul di sungai jebol,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Alexander Gunawan Tribiantoro saat dikonfirmasi pada Rabu, 7 Februari 2024 malam.

Sedangkan jebolnya tanggul sungai, jelas Alex, lantaran volume air yang meningkat sejak diguyur hujan sehingga sungai tak mampu menahan debit air yang tinggi.

“Airnya debitnya naik terus, memang di sini tadi curah hujannya tinggi dengan durasi cukup lama, sehingga membuat debit air ini naik, dan tanggul jebol, air pun meluber sampai ke permukiman warga,” terangnya.

2 Desa di Kabupaten Semarang Banjir Sore Ini, BPBD Masih Data Warga Terdampak

Data sementara saat ini, kata Ales, total warga yang terdampak banjir di Desa Asinan, Kecamatan Bawen ada 120 kepala keluarga.

“Total warga yang terdampak banjir di Desa Asinan, Kecamatan Bawen ini ada 120 KK dari dua RT dalam satu RW di wilayah ini. Untuk di Tambakrejo masih kami data dan proses tindaklanjut juga,” sambung Alex.

Saat ini BPBD Kabupaten Semarang telah melakukan sejumlah upaya penanganan banjir di Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

“Penanganan sementara kami benahi dulu tanggul yang jebol meski sifatnya sementara dengan menggunakan tanggul karung-karung pasir atau sandbag dan juga trucuk dolken,” tutupnya.

Sementara itu Camat Bawen, Dewanto, menyebutkan jumlah rumah yang terdampak banjir di Desa Asinan sekitar 70 sampai 80 rumah.

“Yang terdampak sekitar 70 sampai 80 rumah, dikarena memang tanggul jebol tepatnya di pinggir Danau Rawa Pening ini jebol, air jadi keluar semua di pemukiman warga,” bebernya.

Sejumlah lokasi terdampak banjir itu diantaranya di RT 02, RT 03, RT 04, RT 06, RT 08 di dalam lingkup RW 01 dan RW 02 Dusun Krajan, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. (Lingkar Network | Hesty Imaniar – Lingkarjateng.id)

Tags: banjir semarangBerita SemarangBPBD SemarangSemarang Hari Ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *