Paspampres Buka Suara Soal Tudingan Perampasan Spanduk Ganjar Pranowo di Hadapan Jokowi

WARTAKOTALIVE.COM – Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) buka suara soal tudingan merampas spanduk Ganjar Pranowo yang dibentangkan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Asintel Paspampres Kolonel Kav Herman Taryaman membantah pihaknya yang merampas spanduk Ganjar Pranowo dan melakukan kekerasan terhadap pendukung Capres 03.

Adapun kata Herman, sosok perampas spanduk Ganjar Pranowo yang dibentangkan di depan Presiden Jokowi diduga merupakan warga sipil.

“Terkait kejadian adanya tindakan kekerasan dengan cara mendorong warga yang membentangkan spanduk pada saat kegiatan kunjungan kerja Presiden RI Bapak Joko Widodo ke daerah Wonosari pada Selasa tanggal 30 Januari 2023 yang dilakukan oleh anggota Paspampres adalah tidak benar,” jelasnya dalam keterangan seperti dimuat Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Herman menjelaskan, Paspampres memakai seragam resmi saat menjaga Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah.

“Paspampres sudah jelas terlihat menggunakan seragam resmi berupa baju tactical yang saat itu menggunakan baju tactical warna biru dan seragam dinas TNI dari pengawalan bermotor,” kata dia.

Selain itu Paspampres mempunyai tugas pengamanan fisik jarak dekat terhadap VVIP.

Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsinya yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang pengamanan VVIP.

Sebelumnya geger peristiwa perampasan spanduk Ganjar Pranowo di Gunungkidul, Yogyakarta.

Peristiwa perampasan spanduk terjadi saat Presiden Jokowi melintas dan blusukan di Gunungkidul.

Baca juga: Paspampres dan Polres Gunung Kidul Bantah Pukul Pendukung Ganjar hingga Berdarah

Spanduk yang berisi tulisan Selamat datang Pak Jokowi, Kami sudah pintar, kami pilih Ganjar itu kemudian membuat beberapa orang berang dan terjadi aksi perampasan spanduk.

Seorang warga asal Wonosari, Gunungkidul, Ade Hermawan pun kena pukul oknum petugas saat kunjungan Presiden RI, Jokowi, Selasa (30/1/2023).

Dalam rangkaian kunjungan ke Gunungkidul, Jokowi menyempatkan berhenti sejenak di depan Pasar Argosari, Wonosari.

Jokowi membagikan kaos ke warga yang menunggu sejak lama di depan pasar. Saat itu, Ade juga berada tak jauh dari kerumunan tempat Jokowi berada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *