Pegawai Rutan Salatiga Ditugaskan Jadi Petugas KPPS di TPS Khusus

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Tujuh orang pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Salatiga ditunjuk menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) khusus Rutan Salatiga.

Petugas humas Rutan Salatiga, Nuryadi, menjelaskan bahwa TPS khusus di Rutan Salatiga itu memfasilitasi semua warga binaan untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum pada 14 Februari 2024.  

“Warga binaan Salatiga yang hingga pelaksanaan pemungutan suara nanti masih menjalani hukuman akan menggunakan hak pilihnya di rutan,” katanya, Minggu, 28 Januari 2024.

Nuryadi mengatakan, pihak rutan bersama Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga telah melakukan validasi data kependudukan warga binaan pemasyarakatan. Hal tersebut untuk memastikan warga binaan pemasyarakatan Rutan Salatiga memiliki hak pilih dalam Pemilu 2024.

Selain itu Rutan Salatiga bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dalam hal pemenuhan data awal pemilih dan terus berupaya agar hak warga binaan saat pemilu dapat terakomodasi dengan baik.

“Terlebih menjelang pemilu ini, kami berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi warga binaan pemasyarakatan agar dapat mendapat haknya sebagai pemilih dalam Pemilu 2024. Salah satunya dengan perekaman dan cek data KTP elektronik,” terangnya.

Menurutnya, mengingat keluar masuknya warga binaan maka Rutan Salatiga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang bersangkutan terkait pemenuhan hak dan validasi dokumen warga binaan sesuai dengan data kependudukan yang benar.

“Dinamika keluar masuk warga binaan ini menjadi poin utama kita dalam memaksimalkan koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait,” imbuhnya.

Sebelumnya, KPU Kota Salatiga menyediakan satu TPS khusus untuk warga binaan pemasyarakatan Rutan Salatiga. Ini dilakukan agar warga binaan bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 nanti karena semua warga negara memiliki hak untuk memberikan suaranya dalam pesta demokrasi baik pemilihan legislatif (pileg), pemilihan kepala daerah (Pilkada) maupun pemilihan presiden (Pilpres). (Lingkar Network | Angga Rosa – Lingkarjateng.id)

Tags: KPU SalatigaPemilu 2024Pileg 2024Pilpres 2024Rutan Salatigawarga binaan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *