Atang Trisnanto Tegaskan KPU Kota Bogor untuk Pastikan Distribusi Surat Suara Sesuai dan Aman

WARTAKOTALIVE.COM, BOGORAtang Trisnanto, Ketua DPRD Kota Bogor meminta agar jajaran KPU Kota Bogor yang belum lama dilantik dapat memastikan proses distribusi surat suara telah sesuai.

Lalu, aman sampai ke tiap panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) hingga ke tempat pemungutan suara (PPS) di semua wilayah kota hujan.

Selain memastikan distribusi surat suara aman dan sesuai tanpa ada kesalahan, kemudian jangan ada satupun hak warga untuk memilih yang hilang.

Baca juga: Dapat Keluhan, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto Akan Perjuangkan Nasib Guru Swasta

KPU beserta perangkatnya bisa memfasilitasi warga yang perlu pindah TPS karena kepentingan yang mendesak.

Hal itu untuk menjamin hak setiap warga negara dapat memilih pemimpinnya dengan berjalan lancar, aman, tidak ada yang tertinggal, jujur dan adil (jurdil) serta damai, riang dan tertib pada pesta demokrasi pada pemilihan umum (pemilu) 14 Februari 2024.

“Kami menyambut baik jajaran baru KPU Kota Bogor, semoga bisa membawa pemilu 2024 berjalan lancar dan fair serta mampu menjamin hak setiap warga negara untuk dapat memilih pemimpinnya dengan aman hingga di wilayah pelosok kota,” kata Atang, Rabu (24/1/2024).

“Saat ini tahapan pemilu telah selesai penyortiran surat suara dan proses distribusi ke PPK dan PPS hingga ke TPS. Kita dukung agar pemilu jurdil, KPU diawasi Bawaslu dan dikawal TNI Polri dapat memastikan surat suara yang sampai di TPS sesuai dan aman,” tambahnya.

Baca juga: Bentuk Karakter Anak Kota Bogor Atang Trisnanto Dorong Gabungan Organisasi Wanita Jadi yang Terdepan

Atang mengemukakan bahwa distribusi surat suara yang dipastikan sesuai dan aman sampai ke TPS menjadi ujung tombak dari pesta demokrasi di masyarakat.

Selanjutnya, tinggal proses rekapitulasi di tingkat KPU Kota Bogor maupun pusat untuk menentukan pemimpin-pemimpin rakyat di daerah hingga nasional.

“Komitmen menghindari kecurangan pemilu, pileg, pilpres sebentar lagi pilkada sudah menjadi komitmen bersama. Untuk itu, kita harus pastikan surat suara yang dikirim sudah sesuai, tidak rusak, apalagi jangan sampai sudah dicoblos sebelum sampai ke bilik suara.

Menurut Atang, proses demokrasi di Kota Bogor pada tahun 2019 lalu cukup berjalan lancar hasil kolaborasi semua pihak, baik KPU Kota Bogor, Bawaslu Kota Bogor, DPRD, pemerintah kota, masyarakat, TNI dan Polri mengawal dengan baik proses tahapan pemilu sesuai porsinya masing-masing.

Baca juga: Kota Bogor Punya Sekolah Satu Atap, Atang Trisnanto: Tiap Tahun Harus Bangun Sekolah Baru

Ia optimis, pemilu 2024 pun dapat berjalan lancar dan kondusif dengan kolaborasi yang kuat dengan semua pihak.

KPU Kota Bogor melibatkan 1.114 orang petugas pelipat sukarelawan telah menyelesaikan pelipatan lima surat suara pemilu 2024 yakni untUK DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Bogor serta calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam kurun waktu sekitar dua minggu hingga Jumat (19/1/2024).

Pelipatan surat suara berlangsung di dua gudang KPU Jalan Soleh Iskandar dan juga Gedung Wanita Kota Bogor.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *