Tunggu Pengembalian Berkas Firli, Kejati DKI: Tidak Ada Konsekuensi karena Penyidikan Masih Berjalan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta sedang menunggu pengembalian berkas perkara dugaan pemerasan dengan tersangka Firli Bahuri dari Polda Metro Jaya.

Sementara, tenggat waktu pengembalian berkas tersebut pada Kamis (11/1/2024).

“Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta masih menunggu teman-teman penyidik Polda Metro Jaya untuk melengkapi petunjuk yang telah diberikan,” kata Kasipenkum Kejati DKI Jakarta, Herlangga Wisnu Murdianto, saat dihubungi, Kamis (11/1/2024).

“Untuk kapan mereka akan mengirimkan berkas kembali, bisa ditanyakan langsung ke teman-teman Polda Metro Jaya,” ujar Herlangga.

Herlangga menerangkan bahwa tidak ada konsekuensi terhadap batas akhir pengembalian berkas perkara Firli Bahuri ke Kejati DKI dari Polda Metro Jaya.

“Ya tidak (ada konsekuensi), karena kan penyidikan masih berjalan. Misalkan 14 hari lewat pun, perkaranya batal enggak. Kami malah menunggu,” terang Herlangga.

Baca juga: Berkas Perkara Belum Lengkap, Polisi akan Panggil Firli Bahuri untuk Keterangan Tambahan

Koordinasi antara Kejati DKI dan Polda Metro Jaya, tambah Herlangga, terus dilakukan untuk mengetahui perkembangan berkas perkara.

“Karena kan mereka juga butuh waktu. Intinya kami tetap koordinasi ke penyidik ‘sudah sampai mana berkasnya?’ Kami cuman bisa menanyakan itu saja,” ucap Herlangga.

Diberitakan sebelumnya, pihak kepolisian bakal memeriksa eks Ketua KPK Firli Bahuri lagi dalam waktu dekat untuk melengkapi berkas perkara dugaan pemerasan yang dikembalikan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

“Akan ada rencana pemanggilan terhadap tersangka FB untuk permintaan keterangan tambahan,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan, Kamis (11/1/2024).

Meski demikian, Ade Safri belum dapat memastikan kapan pemeriksaan Firli Bahuri akan dilakukan.

Baca juga: Hari ini, Bareskrim Polri Kembali Periksa SYL dan Mantan Anak Buahnya Berkaitan dengan Firli Bahuri

“Waktunya nanti kami update,” ucap Ade Safri.

Dengan demikian, berkas perkara belum dapat dikembalikan ke Kejati DKI pada Kamis hari ini.

Adapun Kejati DKI memberi waktu hingga 11 Januari 2024 untuk pengembalian berkas perkara.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *